12 Cara Mengetahui Ponsel Anda Diretas

Cara Mengetahui Ponsel Anda Diretas – Anda perlu memahami cara memeriksa apakah ponsel Anda sedang disadap. Pasalnya, HP merupakan perangkat elektronik yang sangat rentan terhadap penyadapan.

Mengingat smartphone merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, tidak hanya untuk berkomunikasi namun juga untuk bertransaksi.

Penyadapan ponsel tidak dapat diprediksi. Namun risikonya sangat besar, mulai dari pencurian hingga penyalahgunaan data pribadi. Bahkan kerugian yang cukup besar bisa saja terjadi.

Oleh karena itu, jangan abaikan ponsel Anda saat terjadi penyadapan. Ada beberapa tanda bila hal ini terjadi. Yuk simak beberapa tandanya di artikel ini.

Cara mengetahui ponsel Anda sedang disadap, berikut tanda-tandanya:

Pengguna HP harus waspada jika ada yang melacak, menyadap, atau memantau ponselnya. Pastikan tidak terjadi penyadapan. Ada risiko data pribadi dijual dan properti dicuri melalui transaksi keuangan digital.

Anda tidak perlu membaca buku khusus untuk mengetahui apakah smartphone orang lain sedang disadap. Dengarkan di bawah untuk mengetahui apakah ponsel Anda sedang disadap.

1. Mengurangi masa pakai baterai

Tanda pertama yang akan Anda kenali saat ponsel cerdas Anda diretas adalah masa pakai baterai. Aktivitas ketuk mencatat semua aktivitas yang dilakukan pemilik ponsel, sehingga memperlambat atau menurunkan kinerja baterai.

Ketukan pada ponsel akan merekam semua percakapan di dalam ruangan, bahkan saat pemiliknya tidak menggunakan ponsel. Jika itu terjadi, mengetuk akan memperpanjang masa pakai baterai dan menguras baterai lebih cepat.

Jika baterai ponsel Anda tiba-tiba turun drastis, mungkin itu adalah penyadapan. Jika baterai Anda tiba-tiba mulai terkuras lebih cepat dari biasanya, waspadai kesehatan ponsel Anda.

2. Terdapat aplikasi yang tidak diperlukan

Cara lain untuk mengetahui apakah ponsel Anda telah disadap adalah dengan melihat aplikasi yang tidak diinginkan. Sebagai pemilik perangkat, Anda harus mengetahui aplikasi apa saja yang disediakan oleh produsen.

Kedua, ingat baik-baik aplikasi apa saja yang Anda unduh satu per satu. Jadi jika Anda tiba-tiba memiliki aplikasi yang belum pernah diunduh sebelumnya, Anda akan langsung diperingatkan.

Ini bisa berupa aplikasi yang dipasang oleh penyadap untuk mengakses informasi ponsel Anda. Oleh karena itu, aplikasi tersebut harus segera dikenali dan dimusnahkan. Cegah aplikasi mengakses informasi lebih lanjut.

Jika Anda menggunakan ponsel Anda untuk keperluan pribadi saja. Lalu sepertinya ada aplikasi luar negeri yang belum anda download, jadi silahkan segera dihapus. Karena ada kemungkinan menguping.

3. Peningkatan Penagihan atau Penggunaan Data Seluler

Cara mengetahui ponsel kamu disadap selanjutnya adalah dengan meningkatkan penggunaan data ponsel kamu. Pasalnya, aplikasi penyadapan menggunakan data seluler pemilik ponsel untuk mengirimkan informasi hasil penyadapan tersebut.

Jika data seluler Anda tiba-tiba bertambah tanpa sebab, segera waspadai. Seseorang mungkin sedang mengetuk ponsel cerdas Anda. Jadi, perhatikan baik-baik penggunaan data seluler Anda dan waspada jika tiba-tiba meningkat tanpa alasan.

4. Sepertinya aktivitas yang aneh

Jika Anda memiliki smartphone, tentunya hanya Anda saja yang bisa melakukan aktivitas di smartphone Anda. Misalnya menulis chat, membuka galeri, mengunjungi media sosial, dll.

Oleh karena itu, Anda harus peka jika ponsel Anda tiba-tiba bertingkah aneh. Misalnya aktivitas aneh berupa membuka aplikasi secara tiba-tiba. Misalnya, Anda dapat mentransfer uang dari mobile banking ke rekening lain.
Jika Anda tampak memiliki perilaku aneh seperti ini, mungkin ada seseorang yang mengendalikan ponsel Anda.

Sangat mudah untuk mengetahui apakah ponsel Anda telah disadap. Oleh karena itu, selalu waspadai setiap perubahan pada perangkat Anda.

5. Mengeluarkan suara aneh saat melakukan panggilan telepon

Jika Anda mendengar bunyi klik yang aneh saat melakukan panggilan, kemungkinan lawan bicara Anda sedang merekam percakapan Anda. Anda kemudian mungkin mendengar suara lain yang menunjukkan bahwa ponsel Anda sedang disadap.

Oleh karena itu, saat melakukan panggilan, berhati-hatilah dengan suara yang keluar. Apakah Anda hanya mendengar orang yang Anda ajak bicara di telepon, atau apakah Anda mendengar suara aneh lainnya?

Faktanya, suara tidak normal yang menandakan adanya ketukan tidak selalu terjadi selama panggilan berlangsung. Selain itu, suara aneh seperti “klik” dan “bip” mungkin saja terjadi padahal tidak ada apa-apa.

6. Ada nelpon dan SMS luar negeri

Jika Anda menggunakan ponsel sendirian, Anda pasti akan mengingat panggilan dan SMS-nya. Pada tahap ini, cara mengetahui ponsel Anda telah disadap adalah dengan mengenali panggilan atau SMS asing.

Misalnya, seseorang menelepon Anda, padahal sebenarnya Anda tidak meneleponnya. Contoh lainnya adalah mengirimkan SMS ke orang lain padahal bukan Anda sendiri yang membuat SMS tersebut.

Berhati-hatilah saat menerima panggilan dan SMS dari orang yang tidak Anda kenal. Sebab, penyadapan bisa dilakukan melalui SMS atau panggilan telepon.

7. Periksa kode USSD

Cara lain untuk memeriksa apakah ponsel Anda sedang disadap adalah dengan menjalankan pemeriksaan berdasarkan kode USSD *#21# atau *#06# dari menu Panggilan. Penyedia kemudian mengirimkan informasi apakah ada penerusan panggilan, penerusan data, dll.

8. Ponsel saya melambat

Faktanya, tidak jarang ponsel Anda melambat karena beberapa alasan. Misalnya saja penyimpanan memori Anda penuh atau Anda terlalu banyak mendownload aplikasi tambahan.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan jika ponsel Anda tiba-tiba melambat tanpa alasan? Ini menandakan adanya penyadapan. Karena seseorang mengontrol ponsel Anda dari jarak jauh dan sistem bekerja ekstra. Maka ponsel Anda akan melambat.

9. Hati-hati dengan email dan media sosial

Cara mengetahui ponselmu disadap selanjutnya adalah dengan memperhatikan email dan media sosial. Tautan dari email dan media sosial sering kali memasang aplikasi buggy saat dibuka.

Oleh karena itu, harap diingat untuk sering memeriksa email dan pesan akun media sosial Anda. Walaupun judul linknya terlihat menarik, namun hati-hati jangan sampai sembarangan membuka link tersebut. Jangan menjadi korban penyadapan.

10. Tampilan iklan pop-up

Cara selanjutnya untuk mengetahui apakah ponsel Anda telah disadap adalah dengan mengenali saat Anda melihat iklan pop-up aneh di layar perangkat Anda. Iklan pop-up biasanya menandakan adanya aplikasi sniffing pada perangkat.

Jadi, jangan langsung mengabaikan iklan pop-up yang muncul di ponsel cerdas Anda. Ketahui terlebih dahulu dari aplikasi mana iklan tersebut berasal. Waspadai penyadapan saat ditampilkan dari aplikasi asing.

11. Saya mengalami masalah saat mematikan telepon saya

Biasanya, jika ponsel Anda dalam keadaan sehat, Anda dapat mematikannya dengan mudah. Namun jika ponselku disadap, aku mendapat pesan error saat mencoba mematikannya. Karena orang lain memiliki akses ke ponsel Anda.

Para pihak akan mengatur agar telepon genggam tetap dihidupkan agar dapat mengakses informasi yang ada di dalam telepon genggam. Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikan tanda-tanda seperti ini untuk mencegah konsekuensi penyadapan yang lebih besar.

12. Pindahkan ikon

Pergerakan ikon dan batang secara tiba-tiba dapat menyebabkan penyadapan. Dengan kata lain, pihak lain sedang mencoba mengontrol ponsel Anda dari jarak jauh.

Ponsel merupakan perangkat elektronik yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari, dan kemungkinan penyadapan oleh orang lain sangat tinggi. Oleh karena itu, setiap orang perlu mengetahui cara mengecek ponselnya sedang disadap, agar ponselnya tidak diakses oleh orang lain.